Penerapan
Lesson Study
dalam
Pembelajaran Matematika
(Makalah
ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Pembelajaran Inovatif II)
Dosen
Pembimbing:
Lestariningsih, S.Pd., M.Pd.
Disusun
oleh:
1.
Abdul Khakim Kurniawan NIM: 1431001
2.
Ahmad Hariz M. NIM: 1431006
3.
Cicinidia NIM: 1431021
4.
Indah Silvia Hadi NIM: 1431040
5.
Ristia Havadoh E. NIM:
1431069
6.
Rizky Yuniar Hakim NIM: 1431070
STKIP PGRI SIDOARJO
Jalan Kemiri, Telp.(031) 8950181,
Fax.(031) 8071354, Sidoarjo.
Website :http://stkippgri-sidoarjo.ac.id
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN
MATEMATIKA
2016
A.
Sejarah
Lesson Study
Lesson
Study telah berkembang sejak abad 18 di
negara Jepang. Konsep Lesson Study semakin berkembang pada tahun 1995
berkat kegiatan The Third International Mathematics and Science Study
(TIMSS) yang diikuti oleh empat puluh satu negara dan ternyata dua puluh satu
negara di antaranya memperoleh skor rata-rata matematika yang secara signifikan
lebih tinggi dari skor rata-rata matemtika di Amerika Serikat.
Di Indonesia, konsep Lesson Study berkembang
melalui program Indonesia Mathematics and Science Teacher Education Project
(IMSTEP) yang diimplementasikan sejak Oktober tahun 1998 di tiga IKIP
B.
Pengertian
Lesson Study
Lesson
Study bukan sebuah metode atau strategi pembelajaran
tetapi serangkaian kegiatan pembelajaran yang dapat diterapkan di dalamnya
berbagai metode atau strategi pembelajaran yang dianggap efektif dan sesuai
dengan situasi, kondisi, dan permasalahan faktual yang dihadapi guru di dalam
kelas, dan Lesson Study merupakan suatu cara peningkatan mutu pendidikan
yang tak pernah berakhir (continuous improvement), alias inovasi yang
tiada henti.
C.
Ciri-Ciri
Lesson Study
1.
Tujuan
bersama untuk jangka panjang.
2.
Materi
pelajaran yang penting.
3.
Studi
tentang siswa secara cermat.
4.
Observasi
pembelajaran secara langsung.
D.
Prinsip-Prinsip Lesson Study
1. Diusahakan
adanya kegiatan hands-on dan mind-on selama
pembelajaran tersebut berlangsung,
2. Pembelajaran
diusahakan dapat menyentuh permasalahan yang berhubungan dengan hidupan
sehari-hari siswa,
3. Perencanaan
pembelajaran tersebut mencoba mengembangkan media pembelajaran yang berbasis local materials.
E.
Tahapan
Kegiatan Lesson Study
Lesson
Study terdiri
dari 3 tahapan yaitu: perencanaan (plan), pelaksanaan (do),
dan refleksi (see).
F.
Keunggulan
dan Kelemahan Lesson Study
1. Keunggulan
Lesson Study
a.
Membantu guru untuk mengobservasi dan
mengkritisi pembelajarannya
b. Meningkatkan
mutu guru dan mutu pembelajaran yang pada gilirannya berakibat pada peningkatan
mutu lulusan
c. Memperbaiki
praktek pembelajaran di kelas
d. Meningkatkan
kolaborasi antar sesama guru dalam pembelajaran
2. Kelemahan
Lesson Study
a.
Kurangnya pemahaman dan komitmen guru
mengenai apa, mengapa, dan bagaimana melaksanakannya.
b.
Kurang terbiasa mengembangkan budaya
saling belajar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar